Thursday, October 17, 2013

Permandian Alam Mata Air Ere Merasa (ERMES) Bantaeng

Bagi yang senang bermain air, berikut saya bagikan informasi tentang Permandian Alam Mata Air Ere Merasa (ERMES) yang berada di Kabupaten Bantaeng.

Permandian Alam ini menjadi salah satu ikon Kota Bantaeng. Yang membuat unik permandian ini ialah sumber airnya langsung dari mata air, bahkan kita bisa melihat langsung beberapa tembusan mata air dari sela-sela pohon dan bebatuan. Di sekitar lokasi kolam masih sangat asri dan tak terjamah tangan-tangan manusia jahil, pepohonan yang diameter batangnya +3 m masih dapat kita saksikan di sana.

Pintu Gerbang ERMES
Biaya untuk masuk ke tempat ini sangat murah menurut saya,
coba Zoom gambar di atas dan lihat daftar harga retribusinya. Meski sekarang harga-harga pada naik namun untuk masuk di tempat ini pastilah sesuai dengan kondisi saku para Sobat Petualang.


Dingin, sudah barang tentu air dalam kolam permandian ini sangat dingin mengingat airnya langsung dari mata air dan kondisi alam di sekitarnya masih sangat terjaga keasriannya. 

Tempat wisata air ini menyediakan dua kolam yang diperuntukkan untuk dewasa dan anak-anak. Kolam renang dewasa cukup luas untuk mandi ramai-ramai. Kedalamannya dari 1m sampai 3m. Berikut gambar Kolam Dewasa
Kolam Renang Dewasa

Kolam Renang Dewasa
Kolam renang yang diperuntukkan bagi pengunjung anak-anak dalamnya hanya 1m namun biasanya airnya diisi hanya sebatas paha orang dewasa berkisar 70cm saja. Sehingga para orang tua tidak perlu khawatir jika ingin membawa serta anak-anaknya ke tempat ini.

Kolam Renang Anak-anak

Kolam Renang Anak-anak
Mengenai keamanan bagi ketika berenang sebenarnya tidak ada informasi yang pasti. Namun sejak SMP saya sering ke tempat ini, ada beberapa orang yang sering saya lihat nongkrong di pinggir kolam. Jika dia adalah pengunjung kebetulan sekali setiap saya datang dia juga ada. Menurut saya mungkin dia ditugaskan membantu pengunjung jika ada yang hendak tenggelam.

Sekian dulu yaa infonya tentang ERMES. Jika anda hebat/jago berenang boleh coba tempat ini. Pengalaman teman saya andalkan dirinya anak pulau takalar, tapi ketika turun di kolam ini dia minta ampun karena dinginnya. Ini bisa menjadi tantangan tersendiri jika anda tidak terbiasa berenang di air dingin.